Header Ads

Ini Cara Cuci AC Yang Benar

Air Conditioner atau AC memang merupakan alat elektronik yang selalu dipakai hampir setiap hari, untuk itu perawatan mutlak harus dilakukan untuk menjaganya bisa tetap dingin. Cuci AC atau service secara berkala harus dilakukan minimal 3 bulan sekali agar ferpormanya tetap terjaga.  

Cuci AC

 
AC yang tidak dirawat secara berkala dan saksama dapat menjadi polusi udara bagi penghuninya sehingga menyebabkan beberapa jenis penyakit, seperti penyakit pada saluran pernapasan.
 
Hal ini disebabkan karena pendingin ruangan yang kotor dapat menyimpan berbagai virus dan bakteri yang kemudian disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indra penciuman.
 
Fakta ini diperkuat dari hasil penelitian dari United State Environment Protection Agency (US EPA) bahwa polusi dalam ruang bisa 2 hingga 5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruang. Polusi ini juga jadi 1 dari 5 besar polusi yang berisiko mengancam kesehatan manusia.
 
Untuk itu diperlukan pembersihan AC secara rutin. Dan sebenarnya, kita sendiri pun bisa, lo, membersihkan AC tanpa memanggil penyedia jasa layanan. Selain umur pakai lebih hemat, umur pakai AC juga lebih panjang dan tak mudah rusak.
 
Setidaknya ada dua proses pembersihan AC yang bisa harus rutin dilakukan untuk menjaga kualitas dan ferpormanya sehingga tetap bisa menyaring udara dan memberikan udara yang dingin pada ruangan.
 
Untuk lebih jelasnya mari simak cara cuci service ac yang benar berikut ini:
 
A.    Unit Indor
Alat-alat yang dibutuhkan:
•    Bulu ayam atau kemoceng
•    Kuas kecil yang kering
•    Sikat gigi yang tidak dipakai (jika diperlukan)
•    Lap dengan bahan lembut sebanyak 2 lembar
•    Air yang dicampur sedikit sabun cair untuk cuci piring
•    Buku petunjuk atau manual book AC
•    Cairan pembersih AC indoor
•    Kain pel
•    Lembaran plastic, ember sebagai penadah tetesan air kotor
Caranya:
 
•    Bersihkan permukaan casing-nya.
Pastikan AC dalam keadaan mati. Putuskan aliran listrik dengan melepaskan kabel dari stop kontak. Bersihkan sarang laba-laba dan debu pada pemukaan casing dengan menggunakan kemoceng. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi kering dan tidak lembab agar debu tidak menjadi basah dan membuat noda pada casing. Bersihkan dengan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC dapat dilepas dari casing. Lepaskan dan cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut dengan sikat gigi.

•    Bersihkan filter AC.
Filter AC sebaiknya dibersihkan sebulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan kita sendiri. Ikuti petunjuk dari manual book mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu dengan kuas kering. Kemudian cuci dengan air sabun tadi. Bilas dengan air hingga bersih. Keringkan filter AC dengan lap kering dan kemudian diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC.

•    Bersihkan bilah-bilah evaporator.
Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan plastik dan ember. Kemudian bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC yang banyak dijual di pasaran. Cairan pembersih ini biasannya disemprotkan ke bilah-bilah AC. Perlu ketelitian supaya tepat sasaran. Tutup bagian dengan komponen elektronik dengan plastic untuk menghindari terkena air atau cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan ditampung oleh ember tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan kain pel.

B.    Unit outdor
Alat yang dibutuhkan:
•    Selang air
•    Kompresor air (jika ada)
•    Lap kering
•    Kain pel
Caranya cukup mudah tinggal semprotkan air dengan selang untuk membersihkan kipas dan bilah-bilah kondensator. Jika memiliki kompresor air, tekanan air akan lebih mampu meresap ke area-area yang sulit dijangkau. Tidak perlu kuatir untuk menyemprotnya, karena unit outdoor sudah didesain sedemikian rupa sehingga air tidak dapat masuk ke bagian komponen elektroniknya. Setelah selesai, keringkan bagian luarnya dengan lap kering. Setelah selesai, bersihkan area lantai di bawah unit outdoor dengan kain pel.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.