Header Ads

Tips Aman Tukar Tambah Mobil

New Agya

Mobil bertipe Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia sedang naik daun, dan mobil New Agya menjadi hal yang paling banyak digunakan warga Indonesia saat ini. Harga yang murah dan body yang minimalis namun mempunyai kabin yang lebar menjadi alasan utama mobil ini sangat popular di Indonesia.

Dengan kepopuleran mobil LCGC banyak yang ingin memiliki mobil jenis ini dengan berbagai cara termasuk dengan tukar tambah mobil. Tukar tambah mobil bekas alias trade in, merupakan salah satu cara yang cukup lumrah dilakukan untuk bisa mendapatkan kendaraan baru. Walau sudah dikenal banyak orang, ternyata cara ini kalah populer dibandingkan pembelian mobil bekas secara langsung.

Nah berikut ini tips agar tukar tambah mobil bisa menguntungkan.

1.    Pastikan kondisi mobil baik
Kondisi mobil jelas menentukan harga jual. Jika ada kerusakan seperti penyok, baret, cat kusam, lampu mati dan kondisi cacat sangat menurunkan harga jual. Sebelum melakukan penawaran tukar tambah, pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan prima, luar dan dalam.

2.    Didampingi ahli
Jika kurang paham soal mesin, Anda bisa mengajak rekan, saudara atau mekanik andalan saat trade-in. Fungsinya untuk menemani appraiser (juru taksir) mengecek kendaraan Anda. Hal ini untuk menghindari Anda terkena tipu yang menjatuhkan validasi mobil Anda. Mengajak seseorang yang mengerti mesin, bisa menghindarkan trik menipu juru taksir diler nakal, yang menganggap mobil Anda jelek sehingga menurunkan nilai jual.

3.    Ketahui kondisi mobil incaran
Selain melihat proses inspeksi kendaraan bekas Anda, datang ke diler juga dapat berguna untuk mengetahui kondisi mobil yang diinginkan. Tidak hanya melihat tampak luar mobil Anda, tidak ada salahnya jika Anda melihat kondisi interior, kaki-kaki, bahkan mesinnya. Periksalah secara teliti dan menyeluruh agar Anda tidak merasa dirugikan nantinya.

4.    Cek harga mobil Anda dan mobil yang ditaksir
Sebelum Anda melakukan tukar tambah mobil, disarankan mengecek harga mobil lama. Anda bisa riset di portal jual beli mobil online. Cek pula harga mobil baru yang Anda inginkan. Ini untuk menghindari permainan curang. Waspada kepada trader yang menaikkan harga jual mobil lama Anda, namun menaikkan harga mobil yang Anda inginkan juga. Catat baik-baik, agar Anda bisa mendapatkan deal alias penawaran yang terbaik dalam tukar tambah mobil. Dan yang tak kalah penting adalah

5.    Tentukan proses pembayaran
Baiknya pikirkan dengan matang, bagaimana cara Anda membayar tukar tambah mobil. Apakah mau over credit atau beli secara tunai. Ini ada hubungannya dengan pendapatan Anda. Pikirkanlah dengan bijak atas hitungan untung dan ruginya. Keduanya memiliki nilai tambah dan nilai kurang. Pilih yang sekiranya tak mengganggu arus keluar masuk (cash flow) keuangan pribadi Anda.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.