Header Ads

Kenali SOP SPG Sebagai Kunci Sukses Perusahaan

SPG

Preusahaan yang ingin menawarkan sebuah produk kepada para konsumennya, memerlukan jasa dari seroang SPG. Kualifikasi yang ketat, menjadikan mereka yang terpilih merupakan seseroang yang luwes ketika memasarkan suatu produk. Tidak hanya mampu menarik perhatian para konsumen pria, namun SPG diharuskan mampu menjual produknya kepada ibu rumah tangga. Bagi anda yang ingin mencoba berkecimpung di dunia ini, yuk kenali apa itu SOP bagi para SPG.
 

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu SPG dan SOP nya

 
1. Mengenali Produk Dengan Baik
Selain untuk menawarkan produk, SPG memiliki fungsi untuk bisa membentuk kepercayaan pelanggannya terhadap kualitas produk dan kinerja perusahaannya. Bahkan SPG sendiri, diharuskan untuk mampu menebak segala kebutuhan, dan membantu memilihkan barang yang sekiranya dibutuhkan para pelanggannya. Tidak jarang pula, SPG akan menerima berbagai pertanyaan terkait dengan produk yang mereka jual sebelum membelinya. 
 
Selain menjawab segudang pertanyaan, terkadang SPG juga mendapatkan complain dari pelanggan dengan baik. Agar pelanggan semakin percaya dengan produk yang dijajakan, SPG bisa menginformasikan mengenai kualitas yang dimiliki produk tersebut, sekaligus dengan fungsi dan manfaat yang akan diterima ketika menggunakan produk tersebut. dibalik itu semua, SPG diharuskan untuk melaksanakan kegiatan tersebut sesuai dengan standar layanan pramuniaga.
 
2.  Harus Memenuhi Target Perusahaan
Selain diharuskan untuk membentuk kepercayaan pelanggan, dibalik itu seorang sales diharuskan untuk memenuhi target penjualan sesuai dengan apa itu SOP. Apabila target ini dipenuhi, sales akan mendapatkan bonus tertentu. Namun hal ini  tergantung dari jumlah target yang bisa dikejar dan peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan.  Oleh karena itu, diperlukan produktifitas kerja maksimal untuk mendapatkan bonus tersebut.
Menjajakan produknya, mengharuskan SPG untuk menjaga tingkat penyusutan atau tingkat kehilangan barang. Apabila penjualan mengalami penurunan, ada kemungkinan sales akan dipotong gaji pokoknya. Tidak hanya itu saja, sales juga diwajibkan untuk memberikan informasi falid kepada para pelanggan dengan bijaksana. Hal yang perlu diperhatikan pula adalah, kebersihan dari area penjualan sekaligus merchandisenya. 
 
3. Menarik Pelanggan Untuk Datang Ke Stand
Secara umum, tugas dari seroang sales promotion girl dibagi menjadi beberapa bagian, seperti mencatat setiap hasil penjualan yang berhasil diraih timnya. Agar produk terjual habis, pihak sales bisa memberikan sampel produk agar pelanggannya lebih percaya terhadap produk anda. Agar pelangan tertarik, sales perlu untuk menawarkan produk ke pelanggan dan menjelaskan informasi terkait dengan produk tersebut. 
 
Menurut apa itu SOP,  tugas sales promotion girl memiliki tugas yang lebih spesifik, yaitu  untuk menggaet pelanggannya membeli dan mempercayai produk anda. Cara yang bisa digunakan pun cukup beragam, tergantung dari stategi yang digunakan. Salah satu caranya, dengan memberikan pelayanan yang baik kepada para pelanggannya. Apabila pelanggan merasa kesusahan saat memilih produk yang diinginkan, sales diharapkan dapat membantu memberikan rekomendasi. 
 
Jika diperlukan, sales bisa memberikan informasi mengenai kualitas produk, cara menggunakan produk tersebut, hingga cara merawat produk dengan benar agar awet digunakan. Dengan memberikan sedikit tips ini, pelanggan akan mengetahi bahwa sales mengetahui segala bentuk informasi produk yang sedang mereka jajakan. Ketika sales terlihat percaya diri memberikan informasi tersebut, maka pelanggan akan percaya dengan produk anda.
 
Namun tidak jarang pula, sales akan mendapatkan komplain apabila produk yang mereka kenakan tidak sesuai dengan ekspetasi pelanggan. Berikan pemahaman kenapa produk yang digunakan tidak sesuai dengankeingina mereka, ataupun bisa mendengarkan komplain dan berikan solusi untuk permasalahan mereka. Ketika menerima komplain, sales diwajibkan untuk menjawab dengan sopan dan tetap ramah sesuai dengan apa itu SOP SPG.
 
Walaupun banyak yang beranggapan bahwa, pekerjaan menjadi sales diremehkan masyarakat,  ternyata keberadaannya menjadi salah satu kunci sukses perusahaan. Hal ini dikarenakan SPG harus mampu menjualkan produk sesuai dengan target yang ingin dicapai perusahaan. Selain itu, SPG dituntut untuk bisa memberikan kepercayaan kepada pelanggannya mengenai produk yang mereka jajakan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.