Header Ads

Mengulik Kerajinan Labu Botol Produk Khas Ciamis

Labu Botol Ciamis

Kerajinan adalah salah satu ciri khas dari Negara Indonesia, sehingga tak heran jika hampir di seluruh tempat memiliki produk kerajinan khas daerah masing-masing. 
 
Ciamis pun tak ingin kalah untuk meramaikan kerajinan Indonesia, kumpulan mahasiswa dari Unigal berupaya untuk menaikkan kerjinan labu botol yang menjadi produk unggulan Ciamis. 
 
Apa itu ? Daripada bingung, yuk kita simak ulasannya berikut. 
 
Cenderamata Ungulan Khas Ciamis
Ciamis memang telah memiliki begitu banyak kerajinan yang unik dan cantik, namun mungkin dari banyaknya kerajinan di Ciamis belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. 
 
Tim Pengabdian Masyarakat yang berasal dari Kampus Universitas Galuh atau lebih dikenal dengan Unigal, berupaya untuk mengangkat  kerajinan khas Ciamis. 
 
Seperti dilansir portal berita Harapan Rakyat, tim dari Unigal ini ingin membuat seluruh produk khas  Ciamis, menjadi produk unggulan dan banyak diketahui oleh masyarakat lebih luas. 
 
Seluruh anggota dari Tim Pengabdian Masyarakat ini memiliki tujuan dan keinginan yang sama, yaitu mengangkat kerajinan khas Ciamis ini menjadi cinderamata yang hanya bisa didapatkan di daerah Ciamis. 
 
Tentunya ada banyak hal yang akan dilakukan untuk memperkenalkan kerajinan khas Ciamis ini, salah satu caranya adalah dengan melakukan kegiatan sosialisasi.
Tidak hanya itu saja, Tim Pengabdian Masyarakat pun akan memberikan pelatihan mengenai kerajinan Labu Botol di beberapa tempat sekitar Kabupaten Ciamis. 
 
Sosialisasi Diberikan di Beberapa Desa di Ciamis
Pelatihan serta kegiatan sosialisasi dilakukan di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Baregbeg, Kecamatan Cijeungjing, serta Desa Jelat. 
 
Seluruh kegiatan ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu, sedangkan pada tahun 2019 kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kerajinan ini dilakukan semakin giat. 
 
Namun kegiatan di tahun 2019, cukup berbeda jika dibandingkan dengant ahun lalu. Jika sebelumnya hanya berpusat pada pemberian sosialisasi dan pelatihan untuk kerajinan, maka pada tahun 2019 kegiatan sosialisasi dilakukan juga untuk mendukung Program Kampung Keluarga Berencana Ragajaya. 
 
Sosialisasi yang juga kegiatan untuk mendukung program KB ini pun dilakukan pada Dusun Ragapulu, Desa Jelat, dan Kecamatan Baregbareg. 
 
Namun Tim Pengabdian Masyarakat ini pun tetap membahas tentang kerajinan khas Ciamis. Sasaran utamanya dari kegiatan sosialisasi ini adalah para pemuda, dan para pengrajin kayu.
 
Tunjuk Pengrajin Kayu Sebagai Sasaran Sosialisasi
Dengan menunjuk para pemuda dan pengrajin kayu, maka mereka dapat melestarikan serta mengembangkan kerajinan khas Ciamis. Hal ini karena pada dasarnya kerajinan ini adalah sebuah kerajinan yang terbuat dari kayu. 
 
Sehingga dengan menargetkan para pengrajin kayu ini, maka mereka pun bisa meningkatkan dan meramaikan kerajinan khas Kabupaten Ciamis. 
 
Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini, telah dihadiri cukup banyak oleh warga pemuda dan pengrajin kayu. Pelatihan di Kampung KB Ragajaya sendiri, dihadiri oleh 10 orang pemuda dan pengrajin kayu. 
 
Tentunya sosialisasi serta pelatihan akan difokuskan pada pembuatan kerajinan. Peserta akan dibimbing secara jelas dan pasti, mulai awal pembuatan hingga sentuhan akhir dari kerajinan. 
 
Pada pelatihan kerajinan khas Ciamis ini pun peserta akan dibimbing untuk mengubah labu botol kering menjadi benda yang siap pakai. Hasil akhir dari kerajinan ini pun berbagai macam produk, mulai dari tempat penyimpanan hingga hiasan rumah. 
 
Para pengrajin kayu dan pemuda pun diberikan pelatihan untuk membuat vas bunga, lampu hias, toples makanan, tempat air hingga chasing radio. 
 
Tim dari Universitas Galuh ini, tentu berharap dengan memberikan pelatihan kepada beberapa pemuda warga Ciamis ini dapat memperluas kerajinan khas Ciamis. 
 
Semakin banyak warga yang dapat membuat kerajinan khas Ciamis, semakin besar pula peluang kerajinannya diketahui oleh masyarakat luas. 
 
Untuk kedepannya sendiri, Tim dari Universitas Galuh ini berhadap produk kerajinan ini dapat menjadi cinderamata unggulan dari Kabupaten Ciamis. 
 
Dengan menyebarnya keahlian membuat kerajinan dari labu botol, maka diharapkan semakin menjamur pula kerajinan yang ditawarkan kepada baik warga Ciamis maupun luar Kabupaten Ciamis. 
 
Ciamis memang tidak luput dari keindahan alam, yang mampu menarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Melihat begitu banyaknya wisatawan, hal ini bisa dimafaatkan untuk menonjolkan kerajinan khas Ciamis. 
 
Namun sebelum itu, tentu kerajinan khas Ciamis dapat cepat dikenal apabila warganya sendiri banyak yang mampu membuatnya. Untuk menggapai tujuan tersebut, tim dari Unigal ini akan terus melakukan sosialisasi dan pelatihan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.