Header Ads

Yuk Ketahui Pembayaran PKB E Samsat

 E Samsat

Setiap pemilik kendaraan, diwajibkan untuk membayarkan PKB (pajak kendaraan bermotor) dalam jumlah tertentu. Hanya saja, masyarakat sering mengeluhkan untuk mendatangi kantor pembayaran bajak. Sebab banyaknya antrian yang harus dilewati, dianggap membuang waktu berharga. Berikan solusi terbaik bagi masyarakat, kini pemerintah mengadirkan layanan pembayaran E Samsat. Simak ulasannya.
 

Pembayaran pajak melalui sistem online

Pembayaran pajak kendaraan melalui sistem online, dianggap sebagai alternatif terbaik untuk saat ini. Warga negara yang baik, semakin rajin untuk melakukan pembayaran tanpa adanya hambatan.Bahkan proses pembayaran tersebut, dapat dilakukan bersamaan dengan melakukan aktifitas lainnya. Oleh karenanya, masyarakat menyambut cara pembayaran baru ini sebagai alternatif terbaik.
 
Untuk melakukan pembayaran tersebut, anda bisa melakukannya dengan bermodalkan smartphone di genggaman. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi website resminya terlebih dahulu. Anda juga mengunduh aplikasinya dengan gratis, di Google Store. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan terlebih dahulu semua data yang diperlukan sudah tersedia. 
 
Data yang diperlukan meliputi NIK dan nomer polisi, untuk mulai melakukan pembayaran. Klik aplikasi E samsat, dan masukkan semua data yang diperlukan. setelah memasukkan data yang benar, anda akan mendapatkan konservasi nomer polisi. Datangi ATM terdekat, untuk melakukan transaksi pembayaran PKB. Usai melakukan transaksi pembayaran, anda harus memastikan mesin TM mengeluarkan bukti pembayaran berupa struk. 
 
Pengecualian Pembayaran Pajak Online
Kemudahan teknologi dalam membayarkan pajak, tentu saja disambut bahagia oleh masyatakat. Hanya saja, sistem pembayaran online ini memiliki persayaratan untu bisa melakukannya. Bagi pemilik kendaraah yang masih berusia 5 tahunan, masih belum tersedia pembayaran secara online. Serta, sistem pembayaran online ini hanya tersedia di beberapa daerah saja. Daerah yang sudah bisa menggunakan sistem ini adalah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timu, Jawa Tengah, dan Aceh. 
 
Pembayaran PKB secara online, ternyata memiliki pengecualian lainnya yang harus diketahui. Pengecualian tersebut terdiri dari kendaraan bermotor yang tidak pernah melakukan pergantian STNK, pembayarann pajak tidak pernah terlambat sebelumnya, nama pada STNk dan BPKB sesuai KTP asli, kendaraan tidak hilang ataupun rusak, hingga kendaraan yang disahkan STNK sudah 1 tahun. 
 
Lalu bagaimana dengan pembayaran pada kendaraan roda empat yang tengah berpindah tangan ? Ada baiknya anda mengurus balik nama terlebih dahulu, agar kepemilikan kendaraan sesuai dengan identitas di STNk dan BPKB. Ketika kendaraan belum balik nama, ditakutkan akan mempersulit proses perpanjangan STNK. Bahkan pemilik sebelumnya, harus menanggung biaya bbn mobil selagi belum perpindahan nama pemilik. 
 
Sebagai warga negara yang baik, setiap pemilik kendaraan telah diwajibkan untuk melakukan pembayaran pajak setiap tahunnya. Dengan menaati pembayaran pajak sesuai jadwal, anda telah menyumbangkan dana untuk kesejahteraan rakyat. Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya membayarkan pajak, keinginan untuk melakukan pembenahan negeri semakin cepat terkabul.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.