Header Ads

Sudah Tahu Syarat dan Tahapan Hipnoterapi? Yuk Cari Tahu Di Sini

Orang Hipnoterapi

Hipnoterapi merupakan salah satu terapi yang biasanya dilakukan untuk meyembuhkan gangguan mental. Adapun jenis gangguan mental yang bisa diobati dengan hipnoterapi yaitu skizofrenia,phubbing hingga latah. Namun, pada kenyatannya tidak semua orang bisa diberikan hipnoterapi dan ada beberapa tahapan dalam proses penyembuhannya. Agar lebih faham mengenai syarat dan tahapan hipnoterapi, yuk simak ulasan di bawah ini. 
 

Kriteria Orang yang Cocok untuk Hipnoterapi

Menurut http://gumilar.net/, Hipnoterapi merupakan terapi yang dilakukan untuk membantu pasien menyelesaikan masalah pribadinya dengan menggunakan pikiran bawah sadar. Kondisi ini menyebabkan perubahan yang dihasilkan dari hipnoterapi bersifat permanen. 
 
Sehingga tidak semua orang bisa diberikan hipnoterapi. Seperti kemampuan memahami bahasa dan komunikasi dengan baik. Sedangkan orang yang idiot, tuli dan anak kecil belum bisa berkomunikasi dengan baik sehingga tidak bisa dilakukan hipnoterapi. 
 
Semakin lancar kemampuan seseorang dalam berkomunikasi, maka ia akan semakin mudah dalam memahami intruksi dari hipnoterapis. Sehingga dia bisa memasuki kondisi hipnosis dengan baik. Selain itu, hipnoterapi tidak bisa dilakukan pada orang yang tidak memiliki keinginan untuk melakukan hipnoterapi. Jika hipnoterapi dilakukan hanya karena keterpaksaan, maka syarat dan tahapan hipnoterapi belum dipenuhi dengan baik. 
 
Namun, dalam terapi ini tidak ada efek samping bagi pasien. Sebelum dilakukan hipnoterapi mungkin seseorang akan ketakutan jika dia akan mengalami hilang ingatan. Padahal sebenarnya setelah melakukan hipnoterapi,tidak ada kasus jika seseorang yang telah dihipnoterapi akan mengalami proses berpikir yang lambat. Padahal yang terjadi justru kebalikannya, hipnoterapi memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan mental maupun fisik seseorang.
 
Beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah melakukan hipnoterapi diantaranya pikiran yang lebih relaksasi, menghilangkan kecemasan, mengatasi depresi serta menghilangkan stress akibat trauma. Hipnoterapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Manfaat lain jika memenuhi syarat dan tahapan hipnoterapi, pasien yang dihipnoterapi akan lebih mudah untuk berkonsentrasi.
 
Tahapan-Tahap Hipnoterapi Bagi Penderita Gangguan Mental
Ada beberapa tahapan yang dilakukan seorang pasien ketika melakukan hpnoterapi. Hal pertama yang akan dilakukan oleh hipnoterapis adalah ia akan menanyakan mengenai permasalahan dari pasiennya. Kemudian, tahapan selanjutnya dari hipnoterapi adalah pasien akan menceritakan masalah yang sedang dihadapinya. Tahapan ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit. 
 
Pasien tidak perlu khawatir mengenai kerahasian dari msalahanya. Karena hipnoterapis akan menjaga baik-baik masalah pasien tersebut. Setelah itu, pasien akan dibimbing untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Setelah itu, anda akan memasuki kondisi dimana pikiran benar-benar merasa tenang dan rileks. Maka pada syarat dan tahapan hipnoterapi inilah pasien akan lebih mudah menerima sugesti. Biasanya kondisi ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit.
 
Tahap selanjutnya dalam hipnoterapi yaitu psikoterapi. Ketika keadaan pasien terhipnotis, hipnoterapis akan melakukan prosedur terapi berdasarkan masalah yang dihadapi oleh pasien. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 30 menit. Ketika prosedur terapi sudah selesai, maka terapis akan meminta pasien untuk membuka matanya. Hal ini menandakan bahwa sesi hipnoterapi yang dilakukan oleh terapis sudah selesai dilakukan.
Setelah dilakukan hipnoterapi ini bukan berarti tahapannyasudah selesai, melainkan ada satu tahapan lagi yang beranama obesrvasi. Masa observasi biasanya berlangsung sekitar 1 sampai sepuluh hari. Hipnoterapis akan mengamati mengenai perubahan apa saja yang sudah terjadi pada pasiennya. Maka dari itu, sebaiknya pasien rutin melaporkan perubahan apa saja, untuk menemukan langkah yang lebih efektif terhadap permasalahan pasien. 
 
Syarat dan tahapan hipnoterapi untuk penyembuhan gangguan mental sebenarnya lebih cepat dibandingkan metode konvensional. Hal ini dikarenakan perubahan yang dialami oleh pasien berdasarkan keinginannya sendiri tanpa adanya unsur paksaan. Umumnya masalah pasien bisa diatasi dalam satu kali terapi. Namun jika kondisi pasien cukup parah, maka hipnoterapi membutuhkan 4 kali terapi. Penyembuhan akan semakin cepat jia pasien memahami intruksi.
 
Hipnoterapi tidak bisa dilakukan dalam keadaan terpaksa karena tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, pasien juga mampu memahami bahasa dan komunikasi dengan baik sehingga dia bisa menerima instruksi yang diberikan oleh terapis. Beberapa tahapan dalam hipnoterapi ini diantaranya penceritaan masalah, kondisi hipnosis, psikoterapi dan obeservasi yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perubahan yang dialami oleh pasien.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.