Header Ads

Mengenal Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo

Komedo
 
Komedo merupakan benjolan dengan ukuran sangat kecil yang biasanya timbul pada pori-pori kulit. Benjolan kecil ini biasanya banyak muncul pada bagian wajah, namun tak jarang pula bagian tubuh lainnya pun juga dapat ditumbuhi benjolan kecil ini seperti bahu, dada, punggung ataupun lengan. Penyebab utama dari munculnya benjolan kecil pada pori-pori kulit ini adalah tersumbatnya saluran pori-pori tersebut dengan kulit mati ataupun tumpukan minyak yang berlebihan. Benjolan kecil pada pori-pori kulit yang muncul dan tertutup kulit biasanya akan berwarna putih, namun jika benjolan tersebut terkena udara dan paparan sinar matahari, warna hitam akan muncul di dalamnya.
 
Benjolan kecil yang terbentuk pada kulit wajah ini dapat pula terinfeksi, sehingga menimbulkan rasa sakit dan warna kemerahan di dalamnya. Benjolan kecil yang terinfeksi inilah, yang nantinya akan menimbulkan jerawat pada wajah seseorang. Jerawat ataupun benjolan kecil pada paru yang terinfeksi ini, biasanya selain akan menimbulkan ketidaknyamanan, juga dapat mengakibatkan rasa percaya diri pada penampilan akan semakin menurun. Untuk dapat mengobati benjolan kecil pada kulit wajah ini, mengenali penyebab munculnya sangat diperlukan.
 
Berikut ini beberapa hal yang dapat menimbulkan tumbuhnya ini putih ataupun hitam pada wajah kita, yang antara lain adalah:

•    Meningkatnya jumlah bakteri pada permukaan kulit, akibat jarang membersihkan wajah.
•    Terjadinya iritasi pada pori-pori kulit wajah akibat perawatan wajah yang tidak benar, seperti terlalu kasar saat mencuci muka, penggunaan peeling dan berbagai efek samping perawatan lainnya.
•    Meningkatnya jumlah produksi minyak pada wajah, akibat dari perubahan hormon yang terjadi pada saat pubertas ataupun menstruasi.
•    Mengkonsumsi obat tertentu seperti pil KB, kortikosteroid dan lithium.
•    Mengkonsumsi makanan serta minuman yang mengandung banyak minyak dan lemak.
•    Penggunaan kosmetik dengan bahan kimia didalamnya.
 
Setelah mengenali penyebab dari timbulnya penyumbatan yang terjadi pada kulit pori wajah inilah, nantinya kita dapat menentukan treatment paling tepat untuk dapat menghilangkan penyumbatan tersebut. Pencegahan terbaik untuk menghilangkan timbulnya bintik ataupun benjolan kecil pada pori-pori kulit wajah adalah dengan rajin mencuci muka dengan sabun khusus muka yang aman, dan perhatikan dengan baik cara mencuci muka yang baik dan benar.
 
Selain pencegahan, tentunya pengobatan pun harus dilakukan untuk dapat menghilangkan bintik kecil pada pori wajah ini. Pengobatan pertama yang mungkin dapat dilakukan adalah dengan menggunakan benzoyl peroxide, krim ini dapat dengan mudah kita temukan di berbagai apotik, namun penggunaan krim ini hanya bersifat sementara untuk menghilangkan bintik yang menutupi pori-pori kulit. Pada umumnya krim ini banyak digunakan ketika seseorang akan menghadiri sebuah acara, dan untuk menghilangkan efek munculnya bintik inilah krim benzoyl peroxide ini digunakan.
 
Selain menggunakan krim penghilang bintik, treatment lain yang dapat dilakukan adalah mengkonsultasikan kondisi kita pada dokter kulit yang memang memiliki kompetensi dalam pengobatan tersebut. Dokter kulit biasanya akan memberikan treatment penghilang bintik pada pori kulit wajah ini dengan beberapa cara, tergantung dari kondisi bintik yang terjadi pada wajah masing-masing pasiennya.
 
Treatment menghilangkan bintik pada pori-pori kulit wajah yang diberikan oleh dokter ini akan lebih aman untuk dilakukan, karena memang kompetensi yang dimilikinya. Untuk mencegah timbulnya bintik pada pori kulit wajah atau yang biasa disebut dengan komedo ini, selain rajin membersihkan wajah, ada baiknya kita mengatur pola konsumsi makanan dan rajin berolahraga, agar penumpukan minyak pada wajah dapat dihindari dengan mudah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.